Welcome To My Blog Guys

Rabu, 28 November 2012



     Desa Ku

          Mojosari,,itulah nama dusun ku.Dusun ku ini terletak di desa kedungpoh,kecamatan Ngipar,kabupaten Gunungkidul. Disinilah aku dibesarkan oleh kedua orang tua ku. Desa ku ini termasuk desa yang padat penduduknya dan banyak kesenian tradisionalnya.
Walaupun sebagian besar penduduk yang menetap didesa ku ini banyak yang berasal dari kota,tetapi tetap saja desa ku ini masih sangat memegang teguh warisan nenek moyangnya.
        Salah satu kesenian yang ada didesa ku adalah tarian jathilan.Tarian jathilan adalah sejenis tarian yang dibawakan dengan menggunakan kuda bohongan (Jaran Kepang) atau kuda yang terbuat dari anyaman bambu.Jathilan didesa ku ini biasanya dibawakan oleh anak-anak kecul yang masih (SD) atau paea remaja (SMP/SMK).Biasanya jathilan diadakan/dipentaskan hanya pada saat-saat tertentu saja.Misalnya seperti sehabis Lebaran,Rasulan,atau pada saat-saat tertentu  saja.
        Tarian jathilan ini memang cukup menarik untuk ditonton dan tarian ini banyak disukai oleh berbagai kalangan.Bahkan sekarang ini didesa ku tidak hanya kesenian tarian jathilan saja,tetapi sekarang didesa ku juga sekarang ada kesenian ketoprak.
Walaupun kesenian ketoprak ini belum lama dipentaskan didesa ku,tetapi banyak juga warga/masyarakat yang suka.Ya seperti tarian jathilan kesenian ketoparak ini pun hanya dipertontonkan pada saat-saat tertentu saja.Dan memang pada umumnya hidup dipedesaan itu minim sekali hiburan,maka dari itu agar desa ku ini berkembang dan agar kesenian tradisional ini tidah punah.Maka para warga didesa ku ini berinisiatif membentuk anggota penari jathilan dan pemeran ketoprak agar kesenian tradisional ini tidak punah dimakan zaman.
Dan Alhamdulillah kesenian didesa ku ini memdapat apresiasi yang baik dari masyarakat.Itulah sedikit cerita tentang desa ku…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar